Wednesday 28 October 2015

Anak Kidal Cenderung Lebih Seimbang, Kok Bisa?

          Kita kadang melihat ada anak berolahraga, seperti pegang raket, melempar bola atau memukul dan lain-lain merasa ada yang kurang ketika anak menggunakan tangan kiri.  Entah itu cuek atau tidak peduli tetapi kadang kita sering mengarahkan atau memaksa anak untuk menggunakan tangan kanan.  Tidak salah namun sebaiknya mengarahkan penggunaan tangan kanan kepada hal-hal yang memang bersifat utama.  Anak kidal akan bersifat cenderung seimbang, kok bisa?

          Dalam keseharian setiap anak memiliki kecenderungan untuk penggunaan tangan atau kaki dalam beraktifitas.  Kita hanya memperhatikan lebih cepat mana reaksinya, kalau lebih banyak kiri maka kemungkinan besar anak tersebut kidal.  Yang perlu kita lakukan sebagai orang tua tidak perlu memaksakan untuk seluruh aktifitas anak menggunakan bagian kanan.

           Kita hanya perlu mengajarkan hal-hal yang wajib penggunaan tangan kanan dalam agama Islam, misal: makan, menulis, memberi sesuatu ke orang lain.  Diluar kegiatan itu sebaiknya kita bebaskan anak untuk mengeksplorasi aktifitasnya dengan menggunakan kiri.

          Percaya atau tidak dengan metode ini anak akan lebih seimbang antara gerak kanan dan kiri.  Dengan seimbang gerakan itu, juga akan bisa menyeimbangkan otak anak.  Jadi anak ketika dewasa dia akan lebih bisa menyeimbangkan hal yang bersifat abstrak dan logika secara bersamaan.

No comments:

Post a Comment